Mei 28, 2024

Seputar Informasi Palembang

DitIntelkam Polda Sumsel Gelar Rakernis Fungsi Intelkam Ta.2023

Liputan Wartawan Yantie, Palembang One Tv, Palembang Sumsel.

 

PALEMBANG, PALEMBANG ONE TV —Ditintelkam Polda Sumsel melaksanakan Rakernis Fungsi Intelijen Keamanan Polri Ta.2023 dengan Tema “Kita Tingkatkan Kemampuan Operasional Dalam Memelihara Stabilitas Kamtibmas Yang Kondusif Dalam Menghadapi Pemilu dan Pilkada Serentak Ta.2024”, di Ballroom LT.7 Gedung Presisi Polda Sumsel, (27/11/2023).

 

 

Direktur Intelkam Polda Sumsel Kombes Pol Iskandar F Sutisna. S.I.K, M.Si dalam sambutannya mengatakan kegiatan Rakernis fungsi Intelkam Polri 2023 bertujuan sebagai sarana untuk melakukan evaluasi pelaksanaan program dan kegiatan Intelijen yang telah dilaksanakan serta membahas Solusi terhadap permasalahan yang dihadapi dilapangan, “dalam rangka meningkatkan peran Intelijen dalam pelaksanaan tugas Polri serta pengawalan terhadap seluruh agenda dalam rencana kerja pemerintah (RKP) tahun 2023 termasuk pengamanan serangkaian tahapan pemilu 2024 agar dapat berjalan secara aman, damai dan lancar,”katanya, Senin (27/11/2023).

Untuk itu, Ia menekanan beberapa hal dalam Rakernis tersebut. Pertama, agar dalam pembuatan Perkiraan Intelijen, Analisa, Prediksi dan Rekomendasi harus ada dasar dan merumuskan perkiraan Ancaman yang mungkin terjadi, sehingga dapat memberikan saran kpd Pimpinan.

Kedua, lanjutnya jika ada anggota intelijen menerima laporan pastikan benar apa tdk kejadian tersebut.

“Jangan sampai rekan-rekan tidak tahu apa yang terjadi di pemilu sebelumnya, apa yang terjadi dan apa upaya yang dilakukan Dan anggota Intelijen harus Netralitas dalam menerbitkan ijin keramaian dan Sttp kampanye dengan memberikan pelayanan sesuai dengan peraturan yang berlaku. Pedomani hasil pelaksanaan rakernis dalam menangani berbagai permasalahan tugas di lapangan lakukan pemetaan gunakan analisis mulai dari potensi gangguan, ambang gangguan dan gangguan nyata sehingga bisa dimitigasi dengan cepat mulai dari hulu ke hilirnya,”katanya.

Lanjutnya, manfaatkan secara maksimal potensi yang ada baik personel, anggaran maupun almatsus untuk jalankan peran intelijen di bidang deteksi dini dalam memberikan peringatan dini maupun deteksi aksi untuk cegah dini

“Tingkatkan sinergi fungsional kepolisian dan komuniti intelijen dalam antisipasi potensi ancaman yang dapat berkembang menjadi gangguan kamtibmas, bangun jaringan di wilayah masing-masing dengan silaturahmi dan koordinasi kemudian sinergi serta kerjasama dengan kolaborasi yang baik,”pungkasnya.

Dalam kegiatan Rakernis ini juga menghadirkan 3 Narasumber yakni Kabinda Sumsel dengan paparan Optimalisasi pelaksanaan tugas BIN guna mengamankan Pemilu dan Pilkada serentak tahun 2024 dalam rangka terwujudnya situasi yang kondusif di Prov Sumsel. FKUB Sumsel dengan paparan Optimalisasi peran FKUB guna mencegah Politik Identitas Dalam Rangka terwujudnya Pemilu dan Pilkada serentak tahun 2024 yang aman dan kondusif di Prov Sumsel dan Kesbangpol Sumsel dengan paparan Optimalisasi pengawasan ASN guna mencegah terjadinya Politik Praktis Dalam Rangka terwujudnya Pemilu dan Pilkada serentak tahun 2024 yang jujur dan bersih di Provinsi Sumsel.