Mei 28, 2024

Seputar Informasi Palembang

Lestarikan Alam, 4.557 Pramuka Saka Wira Kartika Ikuti Perkemahan Kodam II/Swj.

PALEMBANG, PALEMBANG ONE TV –.Guna menyiapkan generasi penerus yang mandiri dan kompetitif, Kepala Staf TNI-AD (Kasad) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak menyelenggarakan kegiatan bersama generasi muda dalam bentuk Persami Pramuka Saka Wira Kartika tahun 2024 dimana di wilayah Kodam II/Swj diikuti oleh 4.557 peserta.

Hal itu disampaikan Kapendam II/Swj Kolonel Arh Saptarendra P, ST. MM dalam rilisnya, Palembang, Sumsel, Sabtu (03/02/2024).

Diungkapkan Kapendam, acara yang dilaksanakan secara serentak di seluruh jajaran TNI-AD ini dibuka di tingkat pusat oleh Kasad Jenderal TNI Maruli Simanjuntak dari Bumi Perkemahan, Jatinangor, Sumedang, Jabar, Sabtu (03/02/2024).

“Untuk di sini pimpinan Pangdam II/Swj Mayjen TNI Yanuar Adil dan dilaksanakan di Bumi Perkemahan Gandus, Palembang,” ujar Kolonel Arh Sapta.

Lanjut disampaikan Sapta, kegiatan dengan tema ‘Bersatu Dengan Alam, Rehabilitasi Kawasan Hutan dan Lahan Basah’ di wilayah Sumbagsel ini diikuti sekitar 4.557 peserta dan tersebar.

“Selain Kasdam II/Swj dan para pejabat utama Kodam II/Sriwijaya juga hadir unsur Forkopimda, Kepala Kwartir Daerah, Kepala BPBD serta para undangan lainnya,” imbuhnya.

Dengan tingkat antusiasme seperti ini, lanjut Sapta, menunjukan bahwa kegiatan kepemudaan yang berkaitan dengan pelestarian alam ini mendapatkan apresiasi dari banyak pihak.

Menurut Sapta, pada acara Persami para peserta Pramuka Saka Wira Kartika akan dibekali dengan pembinaan mental kejuangan, disiplin, kepemimpinan serta kepedulian terhadap kelestarian alam, sehingga kedepannya akan menjadi generasi muda bangsa yang unggul.

“Semoga…semangat dan upaya yang dimotori Pangdam II/Swj di wilayah Sumbagsel ini bisa menjadi penggerak pelestarian alam di wilayah dan kemudian menopang program Kasad hingga ke seluruh pelosok negeri,” tegas mantan Kepala Laboratorium Dislitbangad itu.

Lebih lanjut Sapta sampaikan, selain penanaman pohon juga dilaksanakan pengobatan gratis dan pemberian paket sembako.

“Sekitar 1.214 orang mengikuti pengobatan gratis dan 2.650 paket sembako diberikan kepada masyarakat, khususnya yang kurang mampu,” terang Sapta.

Kegiatan Persami di Palembang dengan Irup Pangdam II/Swj diselenggarakan oleh Sterdam II/Swj. (Hendra Wijaya).