Mei 28, 2024

Seputar Informasi Palembang

Uji Ketahanan Fisik & Mental, Siswa Dikma Tamtama TNI-AD Gel. II TA. 2023 Berjalan Kaki (Hanmars) sejauh 30 KM.

LAHAT, PALEMBANG ONE TV — Dalam rangka kegiatan pembinaan kemampuan fisik dan mental calon prajurit, sebanyak 116 siswa Pendidikan Pertama Tamtama (Dikmata) TNI-AD Gel II TA 2023 Rindam II/Swj melaksanakan latihan ketahanan Mars (Hanmars) yang digelar di Seputaran Kabupaten Lahat.

Hal tersebut diungkapkan Letda Inf Junifar, Perwira Jasmani (Pajas) Secata Rindam II/Sriwijaya dalam rilisnya, Lahat, Sumsel. Jum’at (16/02/2024)

Pajas mengungkapkan, Hanmars adalah bagian dari mata pelajaran jasmani militer yang mengutamakan ketepatan berjalan kaki dengan  menggunakan perlengkapan lengkap termasuk Helm, Ransel dan senjata.

“Selain itu, ada jarak dengan waktu yang telah ditentukan untuk mencapai suatu sasaran tempat.” kata Letda Junifar

“Mata pelajaran ini diberikan dengan tujuan melatih jasmani militer serta meningkatkan kerjasama dan kekompakan baik dalam hubungan regu, peleton maupun Kompi.” jelasnya

Sebelum melaksanakan kegiatan Hanmars, sambungnya, para siswa diperiksa terlebih dahulu kesehatannya, baru kemudian dilanjutkan pemanasan agar terhindar dari cedera atau kram saat melaksanakan Hanmars.

“Materi pelajaran Hanmars ini diberikan, dengan harapan para siswa Dikma Tamtama memahami pengertian hanmars serta mampu melaksanakannya, sehingga terbina kerjasama dan kekompakan berjalan dengan menempuh jarak dalam waktu tertentu.” urainya

“Untuk pertemuan pertama materi pelajaran Hanmars ini, diikuti 116 siswa Dikma Tamtama TNI AD Gel II TA 2023, dengan jarak 30 km diharapkan mampu ditempuh dalam waktu 6 jam” Pungkasnya

Selain Pajas, kegiatan ini diawasi oleh Para Pelatih, dan Siswa Dikma Tamtama Gel. II TNI-AD TA. 2023 Mampu melaksanakan Hanmars dari Start sampai dengan Finish dengan penuh semangat.

 

Hendra w.