Mei 28, 2024

Seputar Informasi Palembang

2024031823381420

Korem 044/Gapo Gelar Upacara Bulanan.

PALEMBANG, PALEMBANG ONE TV – Danrem 044/Gapo Brigjen TNI Muhmmad Thohir, S.Sos., M.M selaku Inspektur Upacara memimpin jalannya Upacara Bendera 17-an di Bulan Maret 2024, kegiatan tersebut dilaksanakan di Lapangan Apel Makorem 044/Gapo Jl. Jenderal Sudirman Km. 4 Kota Palembang, Senin (18/03/2024).

Pada kesempatan itu Danrem 044/Gapo membacakan amanat Pangdam II/Swj Mayjen TNI Yanuar Adil. Di awal amanatnya, Pangdam mengucapkan Selamat Hari Raya Nyepi bagi yang beragama Hindu dan selamat menunaikan Ibadah Puasa di Bulan Suci Ramadan 1445 H bagi yang beragama islam.

Pangdam mengupas pula tugas pokok TNI AD di satuan kewilayahan. Pangdam mengingatkan peran dan posisi TNI dalam menyikapi kelanjutan proses Pilpres.

“Kita hanya memonitor perkembangan sesuai dengan konstelasi dan tidak terlarut dalam polemik karena kita netral dan prosesnya sendiri telah diatur pada UUD 1945 dan tata tertib di DPR RI,” ucapnya.

Dalam amanatnya, Pangdam juga mengingatkan tentang perkembangan cuaca, yang tahun ini berbanding terbalik dengan tahun 2023 dimana tahun 2024 ditenggarai bencana banjir dan longsor di seluruh wilayah Indonesia.

“Sumsel khususnya, berada pada urutan kelima dari provinsi yang mengalami bencana, sehingga kita perlu antisipasi terjadinya bencana alam karena tidak bisa dipungkiri TNI merupakan garda terdepan dalam tugas bantuan ini,” kata Pangdam.

“Untuk penanganan bencana diatas, maka yang perlu disiapkan bukan hanya dalam rangka darurat bencana, namun lebih kepada upaya mitigasi baik berupa penanaman pohon, pembersihan aliran air/sungai, pengendalian sampah, pembuatan tanggul air dan penyiapan air bersih, melalui TNI AD manunggal air, serta sosialisasi bencana kepada masyarakat secara dini,” imbuhnya.

“Termasuk ke depan, untuk mencegah banjir yang lebih besar, maka program optimasi lahan rawa yang merupakan kerjasama TNI AD dengan kementerian pertanian, yang harus selesai pada juni 2024, bisa diselaraskan dengan pengendalian air,” lanjut Pangdam.

Diakhir amanatnya, Pangdam berpesan untuk tetap meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan YME sebagai landasan moral dalam setiap pelaksanaan tugas. Menyikapi secara cerdas perkembangan situasi di lingkungan sekitar kita.

“Lapor cepat apabila menghadapi permasalahan dan bijak dalam mengambil keputusan di era digital yang serba cepat seperti sekarang ini. Dan segera rencanakan dan laksanakan program kerja sebagaimana sasaran dan anggaran yang telah ditetapkan komando atas,” pungkas Pangdam.( Hendra Wijaya).